WALKTROUGH PERSONA 4 BY Gus Nando
 [animefullfights.com]













Platform :





Rating : 4.5
Genre : RPG
Release : March 13, 2009
Devloper : ATLUS, Square Enix (EU)
Trailer :

Control Game :
Analog kiri atau D-Pad = Memindahkan MC
Stick analog kanan = memutar kamera
Tombol L1 or L2  = memutar kamera ke kiri
Tombol R1 or R2 = memutar kamera ke kanan
Tombol Start = Mini MapTombol Lingkaran = memutar kamera searah wajah MCTombol X = memeriksa, berbicara, confirm, pake senjata (menyerang shadow)Tombol Segitiga = buka Menu
Tombol Kotak  = ganti taktik, berbicara dengan party member, menampilkan bantuan, menampilkan lokasi

Control saat di Dungeon/Battle :
Analog kiri atau D-Pad = Memindahkan Cursor
Tombol L1= menganalisa musuh

Tombol R1 = confirm order of action
Tombol Lingkaran = batal, membatalkan auto battle
Tombol X = confirm
Tombol Segitiga = Auto Battle
Tombol Kotak = menampilkan menu bantuan = (tactics, skills, personas, items)


TIPS :
  • Usahakan saat menyerang shadow memperhatikan kelemahanya.
  • Saat menyerang shadow yang usahakan mendapat Player Advetange , dengan ini kita bisa 2 turn menyerang jika sebaliknya kita bisa dihajar oleh musuh.
  • Saat Hujan harga barang di toko akan diskon 20 % manfaatkan kesempatan ini untuk membeli item yang banyak.
  • Setiap kali ujian diumumkan bicaralah dengan Nanako & Dojima, kamu akan mendapat uang dari Dojima & Item dari Nanako.
  • Sebelum mencapai lantai akhir, save game mu & pergi ke entrance lalu bicara ke FOX (kalau sudah punya) ia akan menyembukan full spmu. Lalu kembalilah ke lantai boss dan lawan bossnya.
  • Saat ingin meningkatkan Social Link bawalah persona dari arcana mereka masing masing, contoh ; yosuke kita bawa jack frost (atau apapun yang bertipe magician) dari arcananya yosuke yaitu magician.
  • Ada tiga tipe musuh yaitu musuh berwarna merah, kuning dan hitam. Musuh merah adalah musuh yang kuat, musuh kuning adalah musuh yang mengeluarkan banyak uang & chestkey, dan musuh hitam adalah musuh biasa.
  • Beberapa pilihan saat kamu bicara sangat berpengaruh pada stat karaktermu. Oleh karena itu kamu harus meningkatkan courage, understanding, diligence, knowledge, dan ekspression. Dengan kelima itulah kamu bisa  berbicara dengan pilihan yang tidak bisa dipilih saat event.
    Asli tanpa cheat (2nd playtrough)
 Walktrough
PART 1
Setelah mulai event pertama, masukan nama karaktermu. Nama asli di animenya adalah Narukami Yuu. Kamu akan berkenalan dengan pamanmu (dojima) dan anaknya (nanako) dan diajak ke rumahnya. Setelah berada di rumah, kamu bisa membuka kulkas dan menemukan fried rice di kulkas (saat memakan tidak berefek apa-apa), pergilah ke kamarmu lalu tidur. Akan ada event dimana kamu berada di dunia kabut. Jalanlah di dunia itu hingga menemukan pintu. Saat memasuki pintu tersebut kamu akan bertemu dengan IZANAMI (final boss). Ia akan pergi begitu saja.

PART 2
12 - 15 APRIL
Hari ini kamu pindah ke sekolah barumu. Perkenalkan dirimu dan jika moroonka bertanya padamu jawablah pilihan no 3 (You calling me a loser?) untuk meningkatkan courage. Akan ada event yang sangat panjang, Ketika berada di rumah lakukan save dan tidurlah. Untuk pertanyaan pada tanggal 14 jawab dengan pilihan
2. (When Jesus was born), event akan berlanjut kamu akan memasuki tv dengan teman-temanmu. Saat memasuki tv pilihlah dengan jawaban no 2 ( are you guys okay ?) understandingmu akan naik. Kamu akan bertemu beruang yang bernama teddie, ia akan menyuruhmu pulang lewat tv. Keesokan harinya kamu akan diajak yosuke untuk pergi ke tv lagi saat bicara pilihlah jawaban no 2 (i'm worried about chie) untuk meningkatkan understanding. Setelah berada di dalam tv kamu akan mendapatkan persona pertamamu IZANAGI dan kamu harus melawan Slipping Hablerie x 2. dan kamu juga akan melawan Shadow Yosuke.
http://megamitensei.wikia.com/wiki/Slipping_Hablerie
Kelemahan Slipping Hablerie x 2 adalah petir gunakanlah zio untuk menimbulkan status down. lalu serang dengan atk biasa, lakukan cara ini hingga keduanya mati. Slipping Hablerie x 2 memiliki 40 HP, 35 SP dan seranganya hanya ATK saja.
http://megamitensei.wikia.com/wiki/Slipping_Hablerie
BOSS : Shadow Yosuke (LV 3)
Kelemahan : Petir 
http://megamitensei.wikia.com/wiki/Shadow_Yosuke
Shadow Yosuke Stats :
http://megamitensei.wikia.com/wiki/Shadow_Yosuke


Boss ini mempunyai kelemahan petir oleh karena itu gunakan zio + cleave untuk menyerangnya. Saat dia melakukan Guard lakukanlah Guard juga untuk MC. Jika HP mu mau habis jangan lupa gunakan item untuk penyembuhan. Setelah boss ini kalah Yosuke akan mendapatkan personanya Jiraiya(elemen angin) yang kelak jika social link kita sudah max dengan yosuke akan berubah menjadi Susano-ou. Setelah keluar melalui tv lakukanlah save, malamnya kamu akan diberikan velvet key dari igor.

PART 3
16-17 April
Di hari ini kamu menyadari bahwa yukiko tidak masuk sekolah dan juga Magician Community akan aktif. Yosuke akan membawakanmu pedang di junes tapi kalian akhirnya tertangkap polisi (jelaslah namanya aja orang bawa pedang). Kalian akan mendengar bahwa yukiko menghilang, Chie akan menemui kalian di kantor polisi lalu mengajak kalian ke toko senjata. Yosuke akan memberikanmu uang 5000 yen gunakan itu untuk membeli pedang dan armor, dan jual barang yang tidak berguna, kemudian keluar. Kamu akan melihat velvet room & sekarang bisa memasukinya. Tinggalkanlah shopping distrik untuk pergi ke junes. Setelah tiba di junes masuklah ke tv. Setelah event kamu akan menemukan Yukiko Castle. Chie akan lari menemui yukiko pergilah ke kastil dan tolonglah chie, sesaat sebelum kamu pergi ke kastil kamu akan diberi item oleh teddie ( 1x Revival Bead, 5x Peach Seed dan 5x Soul Drops. Pastikan lvmu sudah diatas 6+, kamu akan menemukan chie di lantai 2 dengan shadownya. O iya selama berada di kastil usahakan untuk mendapatkan persona baru dengan suffle. Pastikan yosuke manggunakan taktik direct command (pencet kotak - change tactics - yosuke - direct command)

Boss : Shadow Chie (Lv 6)
Kelemahan : Wind
http://megamitensei.wikia.com/wiki/Shadow_Chie

Shadow Chie Stats : 
http://megamitensei.wikia.com/wiki/Shadow_Chie

Yosuke sangat berperan disini, keluarkan jurus rakunda dari IZANAGI untuk mengurangi def musuh selama 3 turn.. Lalu gunakanlah garu untuk mengknockdown musuh, saat musuh terjatuh akan aktif AOU(All Out Attack / digebukin oleh party member). Saat boss ini mengeluarkan green wall seranglah dengan serangan fisik/ lainya & pastikan hpmu tidak habis. Setelah battle usai chie akan mendapatkan personanya tomoe. Seteleh chie mendapatkan kacamatanya, Fool Community akan aktif dan chie akan bergabung dengan team.

PART 4
18-19 APRIL 
Kamu akan bertemu dengan chie di hari ini, dan Chariot community akan aktif .untuk jawaban yang diajukan guru jawablah dengan pilihan no 2 ( THE ). Hari ini kamu bisa menjelajahi inaba, pergilah ke Shopping Districk dan Jual drop item monster ke daidara ( toko senjata ) untuk menambah stok barang. Setelah persiapan yang matang tolonglah yukiko dengan pergi ke junes.
WARNING jika tidak menolong yukiko hingga waktu yang ditentukan (hujan+kabut) kamu akan menemui event pendek dan GAME OVER.

Yukiko Castle
Dungeon ini terdiri dari 8 lantai, usahakan untuk mendapatkan persona baru lewat suffle, saat tiba di 5F lakukan save (gunakan Goho-M pergi ke entrance lalu seve, kembali ke castle lalu di salah satu pintu di 5F kamu akan menemukan Mini Boss(teddie akan mengingatkan sebelum membuka salah satu pintu).

5F Mini Boss : Avenger Knight (LV 11)
Resist : Psy
Stats :
http://megamitensei.wikia.com/wiki/Avenger_Knight

Jangan mengunakan serangan fisik ke boss ini karena akan menimbulkan damage yang kecil. Gunakan serangan tipe magic contoh : garu, zio, agilao dll. Ingat HP mu karena serangat boss ini kuat. Setelah menang melawan boss ini kamu akan mendapatkan Glass Key.

8F Boss : Shadow Yukiko
Asorb : Fire 
http://megamitensei.wikia.com/wiki/Shadow_Yukiko

Stats :
http://megamitensei.wikia.com/wiki/Shadow_Yukiko

Charming Prince Stats :
http://megamitensei.wikia.com/wiki/Shadow_Yukiko

Saat menyerang boss ini jengan menggunakan elemen api karena akan diserap. Dan di 2nd turn boss ini dia akan mengeluarkan prince (monster hasil summond), kelemahan prince ini adalah elemen es jadi gunakan bufu untuk membuatnya down. Prince ini juga bisa menambahkan hp ke Shadow Yukiko makanya harus dikalahkan dulu sebelum melawan shadow yukiko. Setelah prince kalah Shadow Yukiko takkan bisa memanggilnya lagi, manfaatkan kesempatan ini untuk menyerangnya, dan ingat awasi hp partymu. Setelah menang yukiko akan mendapat personanya (konohana sakuya). Setelah itu akan ada event di junes pilih pilihan no 2 (lets call it a day) untuk meningkatkan understanding

2nd Boss : Contrarian King (LV 17)
Asorb : Fire
http://megamitensei.wikia.com/wiki/Contrarian_King
Stats :
 
http://megamitensei.wikia.com/wiki/Contrarian_King
Boss ini akan ada setelah kamu menyelamatkan yukiko, di tempat yang sama di 8F. Boss ini cukup kuat jika tidak sanggup mengalahkanya saya sarankan untuk menambah lv semua orang di party hingga lv 20. Dan satu lagi jangan gunakan agi/agilao untuk menyerang boss ini karena akan diserap.

PART 5
20-27 April
Untuk pertanyaan guru jawablah dengan jawaban no 2 (millennium), dan untuk tanggal 23 April (They were by the riverside). Mulai tanggal 23 inilah kamu bisa mengambil pekerjaan di Shopping District North di papan di sebelah kiri
Sebaiknya pilih Assistant Day Caretaker dengan bekerja disini kamu bisa mengaktifkan Temperance Community. Jawaban di tanggal 25 adalah no 1 (8 AM). Kamu bisa bergabung dengan cultural club hari ini, bisa pilih drama atau band(kalau saya pilih band), keduanya bisa ditemui di practice building, kalau tidak salah tempat bandnya ada di ruangan dengan pintu coklat. Malam harinya kamu bisa membuat makanan untuk dimakan bersama temanmu, saya tambahkan tips jika makananya terasa enak akan ada notifikasi setelah dibuat "bonus 3 bait from leftovers". Di hari berikutnya kamu bisa makan bersama salah satu temanmu, ini akan menambah affection sehingga kita bisa mempercepat menaikan social link. Jawaban yang ditanyakan chie adalah 2 (it's a perfect number). Tanggal 27 adalah hari hujan pertamamu, biasanya sebagian besar community tidak bisa diajak, maka pergilah ke chinse dinner aiya untuk makan dan ini juga bisa meningkatkan statmu (harus punya 3000 yen)

29 April - Batas Terakhir Menolong Yukiko

30 April
Temui yukiko di gerbang sekolah, di ruang kelas guru akan bertanya padamu dan jawablah dengan jawaban no 3 (Mt. Olympus) setelah ini akan ada event yang berlangsung jadi bersabarlah. Sekerang yukiko akan bergabung dengan team & Fool Community akan meningkat seiring perkembangan case. Sekarang ada boss baru di Yukiko Castle dan jika sudah mengalahkan boss itu lurus sampai ke tangga warna merah lalu klik x. kamu akan mendapat weapon baru untuk yukiko.

PART 6
2-7 May
Setelah selesai sekolah sempatkanlah ke Samegawa Riverbed disana akan berdiri seorang kakek, bicaralah dengannya dan ia akan memberimu pancing. Kamu bisa memancing di depan kakek itu di batu. Berapakali kamu bisa memancing itu tergantung diligence mu. Hasil tangkapan ikan yang kamu dapat bisa ditukar dengan berbagai macam item yang berbeda setiap bulanya. Di tanggal 3 akan ada event dan Justice Community akan aktif.

Di tanggal 5 akan ada pilihan untuk menjelajahi inaba, pilihlah pilihan 1 atau 3 kenapa tidak langsung pilihan 2. Karena pilihan 1 dan 3 akan membiarkanmu mebeli sesuatu sebelum kamu pergi ke Shrine bertemu dengan fox. Hermit Community akan aktif dan sekarang fox akan bisa diajak memasuki tv. Fungsi fox adalah menyembuhkan SP di Entrance. Semakin kamu meningkatkan community hermit kamu akan diberi diskon oleh si fox. Setiap ingin menaikan rank communitynya kamu harus menerima ema request dari fox dan menyelesaikanya, dengan begitulah community akan naik. Jawaban yang ditanyakan guru pada tanggal 7 adalah no 2 (IONIZE). Di saat-saat dekat ulangan saat kamu bicara dengan salah satu temanmu ia akan mengajakmu belajar di perpus. Keuntungan belajar di sini adalah menambah knowledge dan ikatan dengan teman yang diajak.

9-12 May
Pilihan yang benar saat ujian :
Tanggal 9 - 1 (8 AM) dan 3 (Before Christ)
Tanggal 10 - 2 (6) dan 4 (Millenium)
Tanggal 11 - 2 (Rene Descartes) dan 4 (Mt Olympus)

Tangga 12 - Otomatis
*Rankmu akan ditentukan dengan 3 hari di atas + knowledgemu.
*Jangan lupa bicara dengan Dojima dan Nanako saat nilai ujian sudah dibagikan.

PART 7
14-17 May
Beberapa hari yang akan datang akan ada event menandakan korban selanjudnya dari midnight channel. Saat yosuke menelponmu jika kamu menjawabnya dengan pilihan 3 atau 4 maka salah satu statusmu akan naik. High Priestess Community akan aktif secara otomatis. Malam harinya kamu juga akan tahu siapa yang yang jadi korban berikutnya di Midnight Channel. Ayo siapakah itu ??
18-19 May
  • Di hari ini kamu harus mengumpulkan informasi tanyakan informasi kepada :
  • Ibunya Kanji di Tatsumi Textile Shop lalu pergilah ke junes.
  • di junes akan ada seorang wanita berdiri di samping lift tanyakan kepadanya.
  • tunggu hari berikutnya lalu pergi ke junes di sana akan berdiri Naoto (cewek dengan pakaian biru) tanyakan tentang kanji kepadanya.
Dungeon Akan Terbuka
Musuh di dungeon ini tergolong kuat maka kamu harus membeli banyak item healing di shopping district untuk penyembuhan.

*Batas Menolong Kanji 4 Juni
Steamy Bath House
Dungeon ini cukup panjang dan digerumbuni banyak shadow yang kuat dan agresif(dikejar sampai jauh sekali baru selesai ngejar). Jangan lupa membawa Goho-M untuk meninggalkan dungeon saat diperlukan. di 3F kamu akan bertemu dengan shadownya kanji namun belum bisa melawanya. di 7F kamu akan menemui boss yang harus kamu kalahkan.
Suffle Time Persona yang bisa didapat :
http://megamitensei.wikia.com/wiki/Steamy_Bathhouse
Musuh di dungeon ini :
http://megamitensei.wikia.com/wiki/Steamy_Bathhouse


7F Mini Boss : DARING GIGAS (LV 24)
Kelemahan : None 
Stats :
http://megamitensei.wikia.com/wiki/Daring_Gigas

Boss ini cukup kuat, dia menggunakan serangan fisik, jadi gunakanlah persona yang memiliki pertahanan fisik yang kuat. dia sering menggunakan tarukaja dan rebelion oleh karena itu gunakan dekaja pada yosuke untuk menetralkanya. Saat dia mengeluarkan power charge segeralah guard. Gunakanlah magic damage untuk melawan boss ini, dan juga harus hati hati karena damagenya cukup besar.

Jika sudah menang melawan boss ini kamu akan mendapatkan Bath House Key. Musuh di lantai atas semakin agresif, kamu butuh healing. Jadi gunakan Goho-M untuk kembali ke entrance dan kembali esok harinya untuk menyelamatkannya(ingat bawa item yang banyak). Jangan lupa bawa dokugami te untuk menyembuhkan status poison.

11F BOSS : SHADOW KANJI (Lv.25)
Weak : None
Stats :
http://megamitensei.wikia.com/wiki/Shadow_Kanji
Boss ini lumayan sulit dilawan, karena ia mempunyai 2 pembantu, nice guy dan tough guy. Kamu harus mengalahkan nice guy terlebih dahulu karena ia sering mengeluarkan heat rizer(gunakan dekaja untuk menetralkan dan menyembuhkan boss. Setelah keduanya kalah maka serang shadow kanji, jika hp shadow kanji sudah semakin sedikit maka ia akan mengeluarkan fanatikal spark jadi saran saya set yosuke menjadi guard mode agar tidak terkena dizzy. Dan juga saat dia melakukan power charge segeralah melakukan guard.

Nice Guy Stats :
http://megamitensei.wikia.com/wiki/Shadow_Kanji

Though Guy Stats :
http://megamitensei.wikia.com/wiki/Shadow_Kanji

2nd Boss : INTOLERANT OFFICER (LV 27)
Weak : Thunder
Kelemahan boss yang satu ini adalah petir jadi gunakanlah zionga. Saat dia terjatuh segeralah AOU(All Out Attack). Jika ingin lebih efektif gunakanlah rakunda untuk boss yang satu ini, dan yang terpenting perhatikanlah HPmu.
Stats :
http://megamitensei.wikia.com/wiki/Intolerant_Officer
22 – 26 May
          Di hari Minggu, kamu bisa mulai melihat Tanaka Show dari tv. Di Tanaka Show ini kamu bisa membeli item-item yang langka. Di tanggal 25 papan pekerjaan akan diupdate, akan ada 2 pekerjaan baru untukmu. Tutor dan Hospital Janitor dengan bekerja menjadi tutor kita bisa mendapat tower community dan menjadi hospital janitor akan mendapatkan devil community. Kamu juga bisa mengaktifkan Death community dengan menaikkan 3 rank devil community. Death akan ada di samegawa riverbed setiap hari libur, akan ada wanita tua memakai baju hitam berdiri disana. Jika kamu berbicara dengannya death community akan aktif. Jawaban untuk tanggal 26 adalah no 2 (Sacred Carvings). Tidak hanya itu kamu juga bisa mengaktifkan Empress Community di velvet room (membutuhkan knowledge rank 3)



1 – 3 June
Sore hari di tanggal 1, bicaralah dengan dojima ia akan mengajakmu untuk pergi ke junes untuk berbelanja. Terima ajakanya dan kamu akan mendapatkan 10X Medical Kit (seinget saya itu)

4 JUNE -  BATAS TERAKHIR MENOLONG KANJI!!

5 – 9 June
Kanji akan kembali ke sekolah pada tanggal ini. Setelah event di roof maka Fool Community akan naik dan kanji akan bergabung denganmu. Mulai hari ini akan ada boss tambahan di Steamy Bath House. Tanggal 8, Yukiko akan bertanya padamu jawablah dengan jawaban no 2 (From the play, Hamlet). King moroon akan meminta bantuanmu untuk bergabung ke Healty Committe (kamu tidak bisa menolak). Saat di ruangan Healty Commite akan ada orang datang, ia mengatakan bisakah ia datang 2 bulan depan. Setelah itu kamu akan disuruh menyampaikan pesan ke teman-temanmu pilihlah jawaban no 2 (Kitao from Santo Inc.) dan 1 (Can it come in 2 months) dan stats mu bakalan naik. Disini kamu akan bertemu Naoki Konishi yang memegang Hanged Man Arcana kelak. Undestandingmu harus lv 3 untuk bicara dengannya, ia akan berdiri di lantai 1 di sebelah kiri. Jika kamu menghabiskan waktu dengannya kamu akan mengaktifkan Hanged Community.


10 – 16 June
Manfaatkan waktu untuk menaikkan community yosuke, yukiko, kanji(tergantung partymu) jika kamu menaikkan social linknya sampai max. Persona mereka akan berubah dan semakin kuat, contoh yosuke kan persona pertamanya jiraiya jika social linknya sudah max maka akan berubah menjadi susano-ou, saat berubah ia tidak akan weak lagi terhadap elemen petir. Jadi lebih aman.

O iya jika ada anak di depan tangga di 2F classroom (pas keluar classroom belok kanan) berbicara padanya ia akan mengatakan ada orang yang sering ngebully, trus temui kanji di practise building. Bicara dengannya, mulai sekarang Emperor Community akan aktif. Pertanyaan tanggal 13 dijawab dengan no 2 (Anaerobics). Dan jawaban no 3 (to hang) untuk tanggal 15. Chie dan Yukiko akan mengajakmu pergi ke junes setelah selesai sekolah, jadi kamu ga bisa kemana-mana.
Artikel lain tentang Persona 4 :
Semua Resep Fusion Persona 4

Tunggu Update Selanjutnya ( Capek Ngetik )
Photo

14 komentar:

  1. Pertamax, Semoga cepet kelar postnya (p)

    BalasHapus
  2. Aduh ternyata seorang gamer toh wkwkwk

    BalasHapus
  3. ini ada animenya juga ya

    BalasHapus
  4. lengkap juga ya mas anime nya. sepertinya koleksinya banyak nich mas nando. :)

    oh iya menjawab pertanyaan terkait dengan sumber gambar. Iya memang seharus nya kita perlu mencantumkan sumber gambar apabila kita mengambil gambar tersebut dari internet. supaya aman saja :)

    BalasHapus
  5. cara "miss" attack musuh gimana??

    BalasHapus
  6. cara "miss" attack musuh gimana??

    BalasHapus
  7. Kenapa ya waktu event rise saya udah tanya anak gendut terus ke warung tofu terus ke flood plain tapi kok yang di flood plain butuh info lagi dari kita? Maksudnya gimana? Jawab dong

    BalasHapus
  8. Mau tanya dong untuk pindah ke town mencet tombol apa ya pas udah di tanya go to town?

    Makasih

    BalasHapus

 
Top